Mengenang Guru Besar IKSPI Kera Sakti (R Totong Kiemdarto)




Pada Tahun 1997 beliau telah meninggalkan kita semuanya…

Bahwa IKS PI Kera Sakti yang dilahirkan di Madiun ini sekaligus yang menjadi guru besar pendiri perguruan IKSPI Kera Sakti adalah Bapak Raden Totong Kiemdarto.

Beliau adalah seorang yang masih muda beliah yang berlatih di berbagai macam perguruan pencak silat maupun kung fu yang ada di madiun dan di luar madiun. Tetapi setelah beliau berlatih, menggali dari perguruan satu ke perguruan yang lainnya, tetapi beliau belum di sahkan, belum dibaiat untuk menjadi seorang warga. Sehingga beliau belum terikat ke dalam salah satu perguruan, tapi pernah mengikuti baik itu tinju, gulat, pencak dan lain sebagainya. Setelah itu, beliau merenungkan akhirnya beliau merantau ke Banten.

Setelah semua terasa terkuasai dengan baik, kembalilah beliau ke Madiun, untuk mendirikan suatu perguruan yang dinamakan IKSPI Kera Sakti

1997 tanggal 21 (21/12/1997), guru besar kita itu masih memimpin musyawarah besar untuk memilih ketua harian. Setalah tanggal 21 penutupan, beliau pulang sakit. Sakit selama 3 hari, setelah tanggal 22 masuk rumah sakit tanggal 24 beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

"Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna"
(Imam Syafi'i)

Comments